Telp (24 Jam) : 0811 1977 773


Home » »

3 Macam Gaya Rias Pengantin Jawa

3 Macam Gaya Rias Pengantin JawaPernikahan merupakan suatu babak baru dalam kehidupan seseorang, khususnya bagi seorang wanita. Momen ini begitu dinanti dengan segala bentuk perasaan mulai dari gairah, ketakutan, tidak lupa kekhawatiran. Tidak heran jika banyak pasangan yang mempersiapkan pernikahan mereka dengan serius dan matang. Mungkin bagi anda yang hendak menikah dan ingin mengetahui gaya rias dari pengantin Jawa, berikut akan kami Jasa Sewa Tenda | AC Floor Standing | Cooling fan | Genset memberikan informasi beberapa contoh riasan pengantin adat jawa.

3 Gaya Rias Pengantin Jawa

1. Gaya Solo Putri

pengantin solo putri

Gaya rias Solo Putri memang mengharuskan mempelai pengantin wanita untuk memakai tata rias warna hitam pekat yang harus diletakkan pada dahi. Rambut sang mempelai dimodel ukel besar layaknya bokor mengkureh. Pada rambut, diletakkan sebuah aksesori yang disebut melati tibo dodo yang dironce dan dilengkapi dengan hiasan cunduk sisir serta cunduk mentul.

2. Gaya Solo Basahan

Solo Basahan Keprabon

Mempelai wanita pengantin Solo Basahan mengenakan kemben, kain dodot, atau yang biasa disebut kampuh, dan memakai sampur. Tidak lupa, mempelai wanita harus mengenakan sekar abrit. Kain jarik yang digunakan juga harus memiliki warna yang sama. Satu barang penting yang wajib dipakai adalah buntalan yang berisi daun-daunan dan bunga-bunga wangi yang dipercaya mampu menolak kesialan serta malapetaka. Aneh, tapi memang begitulah kenyataan yang ada di masyarakat.

3. Gaya Yogya Putri

yogya putri

Sanggul tekuk merupakan gaya rambut yang menjadi simbol gaya rias pengantin Yogya Putri. Sedangkan untuk pelengkap aksesoris rambut, mempelai wanita diharuskan memakai cunduk mentul besar dan pelat gunungan. Baju pengantin yang menjadi ciri khas gaya rias pengantin ini adalah kain kebaya panjang berbahan beludru. Kalau pada gaya rias pengantin Solo Putri motif batik yang digunakan adalah motif kain batik Sidoasih, tidak untuk gaya rias yang satu ini. Sang mempelai wanita memakai kebaya dengan motif kain batik prada.

Nah, mungkin itu yang bisa saya berikan mengenai beberapa gaya rias adat Jawa yang saya ketahui, semoga dengan artikel ini bisa membantu anda untuk memilih gaya rias mana yang sekiranya cocok untuk anda.

By DEWI SALJU Event Contractor

 

Comments

  1. indri purnama sari says:

    Aku mau info leebih lengkap untuk acra pernikahan

    1. yaya yaya says:

      bisa langsung hubungi kantor kita di 021-4800054 / 4803131 / 4803135
      atau ke email kita dewi.salju@yahoo.com